Rindu

Saat walimah sahabat saya Minggu kemarin, tanpa sengaja saya bertemu dengan ustadz-ustadzah jaman SMP dulu. Setelah ‘salim’, bercakap-cakaplah kami sembari bernostalgia sedikit tentang memori SMP. Sehari sebelumnya, facebook saya di-add pula oleh sebuah akun yang mengatasnamakan himpunan alumni Al-Falah, almamater SD & SMP saya dulu. Di timeline-nya saya lihat beberapa foto memori jaman dulu. Foto ustadz-ustadzah yang perlahan satu persatu saya ingat kembali namanya, foto beberapa alumni yang saya pernah tau wajahnya, dan foto upacara jaman SD dulu.

Ya, dua kejadian itu dalam waktu yang berdekatan, cukup membuat ingatan saya kembali bernostalgia dengan memori SD-SMP saya dulu. Terlebih saat walimah kemarin, saya juga ngobrol-ngobrol dengan kawan SD-SMP saya, tentu topiknya tak jauh pula dari memori kami terdahulu. Jadilah berputaran nostalgianya.

Hingga malam ini, entah mengapa, keinginan nostalgia saya semakin menjadi. Tiba-tiba saja, saya jadi makin rindu dengan suasana sekolah jaman dulu. Suasana SD & SMP saya di Al Falah dulu. Saya rindu kebiasaan-kebiasaannya. Dulu, bagi saya kebiasaan-kebiasaan/aturan-aturan di Al Falah terasa biasa saja, atau bahkan terkadang terasa terlalu mengekang. Berlebihan! Namun kini, barulah saya rasakan betapa luar biasanya pembiasaan yang diberikan di Al Falah.

Saat datang di sekolah pagi hari, ustadz-ustadzah sudah siap berbaris di pintu masuk menyambut kami dengan senyuman, sembari kami mencium tangan beliau & mengucapkan salam. Saat masuk kelas, tak lupa kami berdoa bersama, dan selama 15 menit di awal, kami mengaji terlebih dahulu barulah dilanjutkan dengan mata pelajaran yang dijadwalkan. Saat jam istirahat, kami terbiasa untuk sholat dhuha bersama. Saat jam dhuhur tiba, kami berbondong-bondong ke masjid, lalu shalat berjama’ah. Setelahnya, selama 10 menit kami halaqah, melingkar berkelompok di serambi masjid, sambil bergantian ‘setor’ hafalan ayat al quran. Lalu berikutnya, kami makan siang bersama di ruang makan. Saat waktu ashar tiba, kami berbondong-bondong kembali berjama’ah shalat ashar. Dan setelahnya, di hari tertentu setiap minggunya, kami berbaris berpasangan melatih dialog bahasa asing kami, baik Bahasa Inggris, maupun Bahasa Arab. Di hari Jum’at, saat para siswa lelaki shalat jum’at, kami para siswi putri berjama’ah sendiri di musholla sekolah, lalu setelahnya mendengarkan kultum dari seorang kawan kami, yang digilir diberi tugas bergantian tiap minggunya untuk berlatih berdakwah, menyampaikan ceramah. Saat bertemu dengan seluruh civitas, kami wajib menyapa, mengucap salam, tersenyum, & bersalaman. Karena kami bersaudara, oleh karenanya kami wajib saling mendoakan.

Saya rinduuuu sekali suasana itu. Terlebih sekarang, dengan ritme aktifitas harian yang sudah jauh berbeda, di tengah lingkungan yang berbeda. Rasanya seakan kering. Buta arah. Tak lagi pernah mengaji bersama. Tak lagi pernah dapat ceramah agama. Tak lagi pernah hafalan ayat. Apalagi bila perlu konsultasi fiqih atau tentang aqidah-akhlak. Bingung mau ke mana. Saya kangen banget bisa ngaji lagi. Saya kangen banget ada di lingkungan yg bisa saling mengingatkan dalam kebaikan satu sama lain. Saya kangen banget bisa bahasa arab. Saya kangen banget bisa istiqomah shalat tepat waktu, ngaji, ngafalin ayat, dll.

Ya, memang seringkali sesuatu akan terasa sangat berharga saat telah berlalu. Dulu, saya capek sekali dengan segala aturan di Al Falah. Parah banget rasanya. Tapi sekarang, terasa banget kangennya. Betapa perhatian ustad-ustadzah di sana luar biasa. Betapa pembiasaan-pembiasaan yang diberikan begitu penting rasanya. Tapi terlambat ya?

Hehe.. maaaap.. saya kelepasan curhat lagi ya? 😀

Segini aja deh kalo gitu. Semoga Allah masih memberi kesempatan saya untuk bisa dipertemukan dengan lingkungan/kawan/pasangan yg bisa memenuhi kerinduan saya itu. Bisa saling menjaga & mengingatkan dalam kebaikan. Aamiin yra..

Salam,
Galuh Nindya

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s